AULIA, CINTA AZIZ (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBANTUAN MEDIA RUANG CERDAS UNTUK MENINGKATKAN IKLIM KELAS DALAM BELAJAR SISWA SMAN 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI CINTA AULIA AZIZ.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN CINTA AULIA AZIZ.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK CINTA AULIA AZIZ.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I CINTA AULIA AZIZ.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB V CINTA AULIA AZIZ.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA CINTA AULIA AZIZ.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI CINTA AULIA AZIZ.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Berbantuan , Media Ruang Cerdas Untuk Meningkatkan Iklim Kelas Dalam Belajar Siswa SMAN 14 Kota Jambi Nama : Cinta Aulia Aziz NIM : A1E121015 Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd. Pembimbing II : Affan Yusra, S.Pd., M.Pd. Iklim kelas merupakan salah satu masalah yang masih banyak terjadi di SMAN 14 Kota Jambi, dimana siswa memperoleh (atau tidak memperoleh) pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dianggap relevan dengan pendidikan dan perkembangan sosial. di SMAN 14 Kota Jambi masalah iklim kelas belum ditangani secara optimal,belum melibatkan aplikasi media ruang cerdas yang dapat meningkatkan iklim kelas dalam belajar siswa secara sistematis. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Tingkat iklim kelas sebelum dan sesudah diberi perlakuan serta untuk melihat kefektifan layanan penguasaan konten berbantuan media ruang cerdas.Layanan dalam penelitian ini adalah layanan penguasaan konten , sedangkan iklim kelas yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi pada pengetahuan, keterampilan dan sikap . serta subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X E5 SMAN 14 Kota Jambi yang mengalami penurunan iklim kelas . Prayitno (2017:94) mengatakan bahwa layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu (sendiri-sendiri ,dalam kelompok atau klasikal ) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental one grup prestes-posttest . Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X E5 SMAN 14 Kota Jambi yang berjumlah 20 orang . Metode pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 31 aitem. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas menggunakan metode Kolmogrov Smirnov dan uji t-test. Hasil peneltiian yang diperoleh menunjukkan bahwa Tingkat iklim kelas dalam belajar siswa meningkat Hasil skor pada pretest Dengan nilai rata-rata responden 78,2 dan saat posttest nilai rata rata responden meningkat 98,3 Selanjutnya hasil uji t-test, t-hitung sebesar 12,026 dan hasil t-tabel pada Tingkat kepercayaan 0,05 dan 0,01 adalah sebesar 1,734 dan 2,100 berarti t-hitung sebesar 12,026 lebih besar dari t-tabel. Perbedaan tersebut terjadi karena akibat adanya perlakuan dari layanan penguasaan konten . artinya hipotesis dalam penelitian ini terbukti bahwa layanan penguasaan konten berbantuan media ruang cerdas efektif dapat meningkatkan iklim kelas dalam belajar siswa secara signifikan.Saran dalam penelitian ini Kegiatan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa hendaknya lebih banyak dilakukan oleh guru, khususnya guru pembimbing, untuk meningkatkan iklim kelas dalam belajar siswa. Kata Kunci: Iklim Kelas Dalam Belajar Siswa, Media Ruang Cerdas, dan Layanan Penguasaan Konten.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklim Kelas Dalam Belajar Siswa, Media Ruang Cerdas, dan Layanan Penguasaan Konten. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Aziz |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |