Siagian, Juli Yani M. (2025) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (97kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa di SMP N 14 Kota Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih menggunakan model konvensional. Berdasarkan kurikulum merdeka yang diterapkan serentak maka dibutuhkan inovasi dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Dalam hal ini, guru perlu mengetahui gaya belajar siswa sehingga dapat mewujudkan tujuan dari penerapan kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh yang signifikan dari Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitiannya adalah kelas VII E yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) sebagai kelas eksperimen I, kelas VII H yang diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) sebagai kelas eksperimen II, dan VII F yang diberikan perlakuan dengan model konvensioanal. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket gaya belajar, hasil posttest kemampuan pemahaman konsep, serta hasil lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan TaRL dan pendekatan CRT Pada Materi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 14 Kota Jambi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 14 Kota Jambi. Nilai rata-rata posttest kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen I adalah 24,931, rata-rata posttest kelas eksperimen 2 adalah 22,172, sedangkan kelas control rata-rata posttestnya adalah 19,724. Berdasarkan hasil uji lanjut tukey kedua pendekatan yang digunakan tidaklah berbeda karena hasil signifikannya yaitu 0,000. Sedangkan nilai perbedaan kedua pendekatan dengan kelas konvensional adalah 0,490.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Teaching at the Right Level, Culturally Responsive Teaching, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siagian |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 03:47 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 08:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |