Tambunan, Apriyani Br (2025) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbentuk E-Booklet Menggunakan Google Sites Elemen Membaca dan Memirsa Pada Fase B. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_APRIYANI BR TAMBUNAN_A1D121108_21_FINAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tambunan, Apriyani Br. 2025. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbentuk E-Booklet Menggunakan Google Sites Berbasis Kearifan Lokal Elemen Membaca Dan Memirsa Pada Fase B: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-Booklet, Bahasa Indonesia, Kearifan Lokal Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar e-booklet menggunakan google sites berbasis kearifan lokal mata pelajaran bahasa indonesia elemen membaca dan memirsa fase B. (2) mendeskripsikan tingkat kelayakan dari pengembangan bahan ajar e-booklet menggunakan google sites berbasis kearifan lokal mata pelajaran bahasa indonesia elemen membaca dan memirsa fase B. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan kritik dari validator, praktisi serta respon peserta didik terkait produk yang telah dikembangkan. Data kuantitaitf penelitian ini diperoleh dari angket validasi materi, media, bahasa, serta angket validasi praktisi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A SD Negeri 55/I Sridadi, pada Juni 2024. Data penelitian diperoleh melalui validasi yang ditujukan kepada ahli materi pembelajaran, ahli desain media pembelajaran, ahli bahasa dan guru kelas. Kemudian, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran e-booklet yang dikembangkan. Selain itu, data pendukung juga diperoleh dari wawancara peserta didik dan guru kelas. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran e-booklet berbasis kearifan lokal untuk pemahaman berbahasa elemen membaca dan memirsa pada fase B yang dikembangkan menggunakan Google Sites. Hasil dari validasi ahli materi memperoleh skor 96% dengan kategori “sangat valid”; ahli bahasa memperoleh skor 78,3% dengan kategori “valid” dan; ahli media memperoleh skor 90% dengan kategori “sangat valid”. Hasil penilaian oleh ahli praktisi memperoleh skor 94% dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan juga dilihat dari respon peserta didik dalam wawancara, penelitian pengembangan ini juga masih memiliki beberapa keterbatasan yang perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk e booklet menggunakan Google Sites untuk pemahaman berbahasa elemen membaca dan memirsa pada fase B sekolah dasar ini sangat valid dan praktis serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Booklet, Bahasa Indonesia, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | APRIYANI BR TAMBUNAN |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |