Indriani, Hilda (2025) Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Indriani, Hilda. 2025. Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Project Based Learning Matri Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Wardi Syafmen, M.Si., (II) Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Projct Based Learning (PjBL), Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada pembelajaran project based learning materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi di kelas IX tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang yang dipilih berdasarkan hasil nilai belajar matematika yang diperoleh oleh siswa pada semester sebelumnya dan diurutkan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir matematika, dari kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi, kemampuan berpikir matematika tingkat sedang dan kemampuan berpikir matematika tingkat rendah yang setiap kelompok diwakili oleh dua nama. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis, dan lembar pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi terbagi menjad tiga kelompok, yaitu subjek penelitian yang mewakili kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu indikator Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, Self-Regulation. Pada subjek penelitian yang mewakili kemampuan berpikir matematika tingkat sedang sudah memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Dan pada subjek penelitian yang mewakili kemampuan berpikir matematika tingkat renda hampir memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Hanya saja pada indikator Interpretation belum terpenuhi oleh subjek 6 dan indikator Analysis belum terpenuhi oleh subjek 5. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, khususnya pada kemampuan berpikir kritis siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Projct Based Learning (PjBL), Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Indriani |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 07:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 07:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |