Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi

Indriani, Hilda (2025) Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Project Based Learning Materi Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Indriani, Hilda. 2025. Analisis Kemampuan Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Project Based Learning Matri Bangun Ruang Kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Wardi Syafmen, M.Si., (II) Ranisa Junita, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Projct Based Learning (PjBL), Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada pembelajaran project based learning materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi di kelas IX tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang yang dipilih berdasarkan hasil nilai belajar matematika yang diperoleh oleh siswa pada semester sebelumnya dan diurutkan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir matematika, dari kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi, kemampuan berpikir matematika tingkat sedang dan kemampuan berpikir matematika tingkat rendah yang setiap kelompok diwakili oleh dua nama. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, tes kemampuan berpikir kritis, dan lembar pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muaro Jambi terbagi menjad tiga kelompok, yaitu subjek penelitian yang mewakili kemampuan berpikir matematika tingkat tinggi memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu indikator Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, Self-Regulation. Pada subjek penelitian yang mewakili kemampuan berpikir matematika tingkat sedang sudah memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Dan pada subjek penelitian yang mewakili kemampuan berpikir matematika tingkat renda hampir memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis. Hanya saja pada indikator Interpretation belum terpenuhi oleh subjek 6 dan indikator Analysis belum terpenuhi oleh subjek 5. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, khususnya pada kemampuan berpikir kritis siswa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Projct Based Learning (PjBL), Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Indriani
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:01
Last Modified: 17 Oct 2025 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87086

Actions (login required)

View Item View Item