FITRI JAYANTI, EKI ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KOLOID SMA ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KOLOID SMA ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
Abstract
ABSTRAK Jayanti, Eki Fitri. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pengaruhnya Terhadap Berpikir Kreatif Pada Materi Koloid SMA Adhyaksa 1 Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. M. Naswir, KM., M.Si, Pembimbing II: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. Kata kunci: Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Berpikir Kreatif, Koloid. Pada umumnya siswa cenderung belajar dengan menghafal dari pada secara aktif untuk mencari membangun pemahaman mereka sendiri. Untuk itu perlu di terapkan suatu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yaitu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menumbuhkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Contextal Teaching and Learning (CTL) pada materi koloid, dan untuk mengatahui pengaruhnya dengan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif korelasional. Desain yang digunakan adalah mix method. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIPA 1.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru maupun siswa dan soal tes esai. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) oleh gureu terlaksana dengan baik dimana sudah sesuai dengan sintak pembelajaran dan keterlaksanaan model oleh siswa sebesar 70 % dengan kategori baik dan persentase berpikir kreatif siswa sebesar 79,86 % dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,594 dengan tingkat hubungan sedang dan nilai uji t 3,76 sedangkan t tabel 2,05 sehingga di dapat t hitung > t tabel maka Ha diterima dan H0 di tolak maka dapat dikatakan ada pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid kelas XI MIPA SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Eki Fitri Jayanti |
Date Deposited: | 08 Aug 2019 02:22 |
Last Modified: | 08 Aug 2019 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8865 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |