AGUSTINA, NURUL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 5 TANJUNG JABUNG TIMUR. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS2 DI SMA NEGERI 5 TANJUNG JABUNG TIMUR.
![]() |
Text
COVER.docx Download (174kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (139kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (28kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Tina, Nurul ,Agus. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS2 Di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M. Salam M,Si (2) Dona Sariani, S.Pd M.Pd Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif Type Teams Gamens Tournament (TGT), Hasil Belajar Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya hasil belajar siswa, selain itu juga ditemukan fakta bahwa guru cenderung monoton saat mengajar, serta tidak adanya timbal balik antara guru dan siswa. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn kelas XI IPS2 di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif type Teams Games Tournamnet (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan penelitian model Kurt Lewin. Konsep penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI IPS2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif type Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 73. Kriteria Keberhasilan penelitian ini yaitu 75% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 71,0 dengan ketuntasan belajar sebanyak 41,37% siswa tidak tuntas, dan 58,62% siswa cukup tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata yaitu 72,4 dengan ketuntasan belajar sebanyak 34,48% siswa tidak tuntas, 58,62% siswa Cukup tuntas dan 6,89% siswa kategori Tuntas. Dan pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari Siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 78,1 dengan kriteria ketuntasan belajar 89,65% siswa cukup tuntas dan 10,34 siswa kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kooperatif type Teams Games Tournament (TGT) di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURUL AGUSTINA |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 07:30 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |