HUBUNGAN KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP N 3 KOTA JAMBI

ROFINA SIMANIHURUK, ERDITA HUBUNGAN KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP N 3 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VIII SMP N 3 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK Simanihuruk, Erdita, Rofina. 2019. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP N 3 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. H. Irwan, M. Pd, pembimbing II: Heri Usmanto, M. Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, mata pelajaran PPKn semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang berperan aktif dan kurang terlatihnya cara berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan tingkat berpikir kritis siswa. Penggunaan model group investigation adalah salah satu alternatif yang dapat melatih dan membantu keterampilan berpikir kritis siswa dan korelasinya dengan berpikir kritis siswa di SMP N 3 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterlaksanaan model pembelajaran group investigation (GI) dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran PPKn di kelas VIII SMP N 3 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yang sesuai adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran group investigation oleh aktivitas guru maupun siswa serta tes essai untuk keterampilan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran GI dengan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh r_xy= 0,627 dengan tingkat hubungan kuat, untuk melihat pengaruh dilakukan dengan uji koefisien determinasi r^2 = 65,97 dengan tingkat pengaruh kuat sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model group investigation berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan dan berkorelasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran PPKn di kelas VIII D SMP N 3 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ERDITA ROFINA SIMANIHURUK
Date Deposited: 02 Sep 2019 09:32
Last Modified: 02 Sep 2019 09:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9085

Actions (login required)

View Item View Item