Solaemansyur, Rahmat and Yusnelti, Yusnelti and Harizon, Harizon (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI REDKOS DAN KORELASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMAN 11 KOTA JAMBI. ANALISIS.
![]() |
Text
cover.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
Abstract
Berdasarkan Kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pemikirannya sendiri dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (metakognisi) salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi redoks di kelas X MIPA SMAN 11 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model urutan penemuan (sequential exploratory). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 73,74% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 73,88% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,564 dengan tingkat hubungan sedang, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan berkorelasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA 3 SMAN 11 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAHMAT SOLAEMANSYUR |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 00:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 00:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |