MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAZE DI TK PARA BINTANG KOTA JAMBI

TRI DEWI, DESI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAZE DI TK PARA BINTANG KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN MAZE DI TK PARA BINTANG KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (75kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Desi Tri. 2019. Meningkatkan kemampaun Pemecahan Masalah Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Maze di TK Para Bintang Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., (II) Nofrans Eka Saputra, S.Psi.,M.A Kata kunci: Kemampuan, Pemecahan, Masalah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun di TK Para Bintang Kota Jambi hal ini dapat dilihat dari hasil peneliti pada saat melakukan observasi awal dimana hanya terdapat 6,6% anak yang berkembang sangat baik (BSB) dari 100%, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada anak belum berkembang secara maksimal. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak adalah melalui permainan maze. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan berfikir seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah yang solusinya yang tidak diketahui sebelumnya dari pengertiannya saja sudah bisa di pahami bahwa kemampuan pemecahan masalah sangat perlu dimiliki oleh setiap orang. Sedangkan permainan maze adalah permainan mencari jejak berbentuk jalan yang berliku-liku dan berbelok-belok dimana di dalam permainan tersebut terdapat jalan yang buntu atau jalan yang memiliki rintangan sehingga memerlukan usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK), setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan antara lain: tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket yang diisi oleh guru serta peneliti setiap dilakukannya tindakan penelitian. Hasil pencapaian pada bab empat menunjukkan, dimana pada siklus I presentase kemampuan pemecahan masalah anak mencapai 49,1%, kemudian peneliti melakukan refleksi dan perbaikan pada siklus II sehingga kemampuan pemecahan masalah anak berkembang dengan presentase mencapai 94,166%, melebihi dari hasil ketuntasan yang diinginkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 tahun dapat di tingkatkan melalui permainan maze.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESI TRI DEWI
Date Deposited: 09 Oct 2019 03:41
Last Modified: 09 Oct 2019 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9440

Actions (login required)

View Item View Item