“Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran REACT di Kelas IV Sekolah Dasar”.

NUR, HIKMAH (2019) “Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran REACT di Kelas IV Sekolah Dasar”. JURNAL “Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran REACT di Kelas IV Sekolah Dasar”..

[img] Text
COVER.docx

Download (150kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (146kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Hikmah : “Meningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran REACT di Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dra. Destrinelli, M.Pd (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran React Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran React dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV/A di SDN 13/I Muara Bulian. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV/A dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi. Yang digunakan untuk melihat motivasi siswa secara autentik, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara berkala disetiap siklus dan dengan menggunakan 2 siklus dimana pada masing-masing siklus terdiri atas 1 (satu) kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, observasi motivasi belajar siswa sebelum tindakan ada 7 siswa yang memperoleh skor nilai antara 23,8- 28,4 di kategori Baik dan 23 siswa memperoleh skor antara 18,2- 22,8 dikategori Sedang. Pada siklus I ada 28 siswa yang memperoleh skor antara 23,8-28,4 di kategori Baik, dan 2 siswa memperoleh skor antara 18,2-22,8 di kategori Sedang, dan pada siklus II 30 siswa mendapat skor antara 29,4-35 dikategorikan Sangat baik. Setelah melihat kanyataan pada data awal, siklus I dan siklus II, maka peneliti hanya melakukan dua siklus tindakan. Karena sudah jelas hasil yang di peroleh dalam meningkatkan motivasi belajar IPA di SD Negeri 13/I Muara Bulian sudah berhasil. Berdasarkan hasil angket motivasi yang di peroleh pada siklus I ada 14 siswa mendapat skor antara 41-50 dikategori Sangat Tinggi, dan 8 siswa lagi mendapat skor antara 32-40 dikategori Tinggi. Dan pada siklus II terdapat 22 siswa mendapat skor antara 41-50 di kategori Sangat Tinggi. Dengan demikian motivasi secara klasikal yang telah di tetapkan sebelumnya telah tercapai pada silklus kedua. Meningkatnya aktivitas dan motivasi pada siklus II dibandingkan siklus I menunjukan bahwa perbaikan pembelajaran dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi. Artinya pembelajaran yang dibuat sesuai untuk mengatasi permasalahan kurangnya semangat siswa untuk belajar terutama pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada tahun pelajaran 2018/2019. Kesimpulannya adalah melalui model pembelajaran React dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 13/I Muara Bulian diketahui rata-rata aktivitas dan motivasi siswa menjadi lebih baik jika di bandingkan dengan sebelum diterapkannya model pembelajaran tersebut.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR HIKMAH
Date Deposited: 16 Oct 2019 06:36
Last Modified: 16 Oct 2019 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9574

Actions (login required)

View Item View Item