IKHSYAN, M. (2019) PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN INFORMASI DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN INFORMASI DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (45kB) |
|
![]()
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (330kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (75kB) |
Abstract
PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN INFORMASI DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI Oleh : M. Ikhsyan Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Jambi Dosen Pembimbing : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd ABSTRAK Pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Namun masih banyak siswa yang tidak memperdulikan layanan yang telah diberikan oleh guru pembimbing, salah satunya yaitu layanan Informasi. Layanan ini karena banyaknya siswa yang merokok di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah yang setelah mendapat beberapa kali layanan informasi tentang bahaya merokok, akan tetapi masih ditemukan siswa merokok yang berarti tidak menghiraukan/memperdulikan informasi, bimbingan tentang bahaya disini dari layanan yang dilakukan Guru Pembimbing. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui persepsi siswa terhadap layanan informasi. Adapun yang dimakasud layanan informasi adalah layanan konseling yang memungkinkan klien menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan klien. Jadi dari permasalahan tersebut di atas maka penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian penulis dengan judul skripsi : “PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN INFORMASI DI SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI”. Rumusan masalah pada penelitian ini berbunyi: bagaimana persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan informasi di SMA Negeri 7 Kota Jambi?. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah Untuk mengungungkapkan persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan Informasi. Penelitian ini berupa penelitian Deskriptif, dengan anggota populasi siswa kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 7 Kota Jambi berjumlah 102 orang yang terdiri dari tiga kelas Kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3. Sampel diambil dengan teknik random sampling sehingga setiap anggota populasi memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian sehingga diperoleh 68 orang yang menjadi sampel. Data penelitian ini dikumpul melalui angket dan diolah dengan menggunakan teknik persentase (%). Mengingat data dalam penelitian ini memiliki karakteristik kelompok maka pengolahannya menggunakan formula C untuk skala atau item berbeda. Hasil penelitian diketahui berdasarkan data secara keseluruhan dari variabel, diperolah hasil Bobot persentase 70,8% dari seluruh responden yang berarti tingkat persepsi siswa terhadap layanan informasi di SMA Negeri 7 Kota Jambi berada pada kategori “Baik” sehingga disimpulkan persepsi siswa terhadap layanan informasi di SMA Negeri 7 Kota Jambi berada pada tingkatan Baik dengan alasan para mahasiswa yang beragam. Saran dari penulis untuk penelitian ini yaitu: (1) Kepada Guru BK; hendaknya lebih dapat menguasai kelas dalam memberikan layanan informasi kepada siswa, dan menggunakan media yang bervariasi, sehingga belajar menjadi lebih menyenangakan dan tidak membosankan bahkan menjadikan belajar semakin efektif. (2) Kepada Siswa; diharapkan dapat mengikuti secara bersungguh-sungguh layanan bimbingan konseling yang diberikan guru BK di sekolah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | M. IKHSYAN |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 09:06 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 09:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |