SARONI, SARONI STUDY KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE STAD DAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. JURNAL STUDY KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE STAD DAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (239kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1.docx Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (21kB) |
Abstract
ABSTRAK Saroni. 2019. Study Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi: Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah M, M.E., (II) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd., Kata kunci : STAD, Mind Mapping, Hasil Belajar. Berdasarkan Observasi dapat diketahui masih ada siswa yang nilainya dibawah rata-rata yaitu kelas XI IPS, melalui pengamatan pada pertemuan 5,6 dan 7 dapat dilihat bahwa model yang digunakan guru masih terbatas pada medel ceramah dan tanya jawab, guru tidak pernah menggunakan model yang mengarah kepada model kooperatif terutama STAD dan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan mendeskrisikan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 2 Kota Jambi Tahun 2018/2019 dalam memahami faktor model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi pada Agustus 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara Post-tes setelah proses belajar mengajar dilakukan, dan hasil tes di analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan antara model pembelajaran STAD dan model Mind Mapping, setelah dilakukan post-tes rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen I yang menggunakan model STAD (86,45), sedangkan kelas eksperimen II yang menggunakan model Mind Mapping (69,16). Hasil analisis dan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t, dan di dapatkan hasil perhitungan uji-t hasil belajar siswa thitung = 7,98 dan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel atau (7,98 > 1,66) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran tipe STAD lebih tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru menggunakan model pembealajaran tipe STAD agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SARONI |
Date Deposited: | 09 Dec 2019 07:56 |
Last Modified: | 09 Dec 2019 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |