ROSINTA, DEWI (2019) PENGARUH STRATEGI STORY IMPRESSIONS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL PENGARUH STRATEGI STORY IMPRESSIONS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2018/2019.
![]() |
Text
COVER.docx Download (50kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB 1.docx Download (28kB) |
![]() |
Text
BAB 5.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRAK Rosinta, Dewi. 2019. Pengaruh Strategi Story Impressions Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M. Pd., (II) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata kunci : pengaruh, strategi, story impressions, cerita fabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh strategi Story Impressions terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 berdasarkan strategi pembelajaran yang diberikan, aspek-aspek yang dinilai, dan hasil tes menulis cerita fabel. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen (uji coba). Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design, sedangkan desain penelitian menggunakan pretest-posttest group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi pada 29 Maret – 6 April 2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengambilan data dengan melakukan tes menulis. Berdasarkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi untuk mata pelajaran bahasa Indonesia sebesar 70, nilai rata-rata siswa masih jauh dibawah KKM. Namun berdasarkan hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen (VII B) yang menggunakan strategi pembelajaran Story Impressions nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari kelas kontrol (VII A) yang menggunakan model konvensional. Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor post-test kemampuan menulis cerita fabel, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 64,11 dibulatkan menjadi 64 dengan standar deviasi 9,057. Berbeda dengan kemampuan menulis teks narasi kelas kontrol yang memproleh rata-rata sebesar 59,27 dengan standar deviasi 11,040. Uji hipotesis yang dihitung melalui beberapa uji prasyarat memperoleh jawaban bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Story Impressions memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara strategi Story Impressions dengan pembelajaran konvensional dalam penulisan cerita fabel siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran peneliti adalah guru dapat menggunakan strategi Story Impresions untuk meningkatkan motivasi pembelajran. Selain itu guru juga dapat memilih model dan metode pembelajaran lain untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa sehingga rata-rata kelas berada di atas KKM.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEWI ROSINTA |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 02:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |