Kholish, Kholish (2019) Analisis Konteks Pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Jambi. Analisis Konteks Pembelajaran Geometri Berbasis Budaya Jambi. (Submitted)
![]() |
Text
cover.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB_I[1].pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB_V[1].pdf Download (186kB) |
Abstract
Penenlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konteks pembelajaran geometri berbasis budaya Jambi. Pembelajaran geometri pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil cipta budaya Jambi yang diamati yaitu Candi Muaro Jambi dan Rumah Adat Jambi. Penelitian ini dilakukan di perkompleksan candi Muaro Jambi, rumah adat di arena eks-MTQ Kota Jambi, dan di perkompleksan kantor gubernur Jambi pada tanggal 23 September 2019 sampai dengan 6 Oktober 2019. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi (sebagai data utama) dan wawancara dengan budayawan atau praktisi (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan gambaran konteks geometri berbasis budaya Jambi adalah ada aspek pembelajaran geometri materi bangun ruang sisi datar yang melekat pada hasil cipta budaya Jambi. Candi Muaro Jambi dengan objek penelitian Candi Gumpung dan Candi Kedaton memenuhi satu konsep bangun ruang sisi datar yaitu bangun ruang balok. Sedangkan Rumah Adat Jambi dengan objek penelitian Rumah Adat Kajang Lako dan Rumah Adat Kabupaten Tanjung Jabung Barat memenuhi keempat konsep bangun ruang sisi datar yaitu bangun ruang kubus, balok, prisma, dan limas. Sehingga, hasil cipta budaya Jambi dapat digunakan sebagai referensi untuk sumber belajar dalam pembelajaran geometri di Sekolah Menengah Pertama terutama dalam materi bangun ruang sisi datar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KHOLISH |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 01:12 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 01:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |