PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

Minangsih, Pitri (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Minangsih, Pitri. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si., (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: modul, PBL, komunikasi matematis, persamaan garis lurus Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran berbasis PBL yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP pada materi persamaan garis lurus, (2) mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran dengan menggunakan model PBL terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMPN 9 Kota Jambi. Adapun subjek penelitian yakni siswa kelas VIII G. Hasil penelitian ini yakni: (1) proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan ADDIE. (2) hasil analisis validasi materi, dan desain dengan persentase berturut-turut 95% dengan kriteria sangat valid, dan 84% dengan kriteria cukup valid . Hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil mendapat persentase 97,8% dengan kriteria sangat praktis, dan 79,2% dengan kriteria cukup praktis dan uji coba kelompok besar yakni 85,1% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan nilai pretest dan posttest, diperoleh nilai N-gain dari 30 siswa yakni 0,68 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi materimatis siswa kelas VIII SMP pada materi persamaan garis lurus layak untuk digunakan dalam pembelajaran, dimana sudah memenuhi kriteria kelayakan yakni kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Modul pembelajaran berbasis PBL pada materi persamaan garis lurus dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan bagi guru dan dapat menjadi sumber belajar tamabahan bagi siswa, dan bagi modul ini dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembejaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PITRI MINANGSIH
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:11
Last Modified: 20 Jan 2020 08:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item