PEMBERIAN REWARD DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMPN 1 KOTA JAMBI

LUFFI MARINDAH, SRI (2020) PEMBERIAN REWARD DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMPN 1 KOTA JAMBI. JURNAL PEMBERIAN REWARD DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMPN 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (568kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Luffi Marindah, 2020. “Pemberian Reward dalam Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Kota Jambi”. Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Affan Yusra, S.Pd, M.Pd Motivasi memiliki peran yang sangat besar dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Bagi siswa yang memiliki motivasi belajar yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Kota Jambi dengan pemberian reward dalam layanan penguasaan konten, peningkatakan motivasi belajar siswa dapat dilihat secara proses maupun secara hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dan penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaborator antara peneliti dengan salah satu guru bimbingan dan konseling yang ada di SMPN 1 Kota Jambi. Teknik didalam pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang tergabung di dalam kelas VIII F SMP Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil lembaran angket terdapat peningkatan motivasi belajar siswa antara siklus 1, 2 dan 3, pada siklus 1 motivasi belajar siswa adalah sebesar 38,94% termasuk kategori rendah, setelah dilaksanakan siklus 2 terdapat peningkatan 18,81% yaitu menjadi 57,45% termasuk kategori sedang, dan pada siklus 3 terdapat peningkatan 23,8% menjadi 81,25% termasuk ke dalam kategori tinggi. Motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan sampai 81,25% apabila dilakukan dengan metode pemberian reward hadiah yang dilaksanakan dengan cara; 1) Tahap Pembukaan, Membuka pertemuan dengan salam, berdoa dan memeriksa daftar kehadiran siswa, Memberitahu kepada siswa untuk menyimpan hal-hal yang dapat menganggu layanan pemberian reward, Pemindahan tempat duduk (1 meja sepasang laki-laki dan perempuan), Mengadakan permainan, Satu siswa membaca peraturan reward dan tingkah laku yang ditargetkan dengan jelas dan lengkap diikuti oleh siswa lain; 2) Tahap kegiatan, Menyebarkan kertas materi, Menjelaskan materi, Siswa diberikan waktu satu menit untuk memikirkan pertanyaan atau menjawab pertanyaan terhadap materi yang dibahas, Memberikan bintang kepada siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan, Mengevaluasi hasil bintang yang didapat oleh siswa agar ditukarkan dengan hadiah; 3) Tahap penutup, Menanyakan kesan dan pesan kepada siswa setelah melakukan layanan penguasaan konten dengan pemberian reward dan mengakhiri layanan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Reward, Layanan Penguasaan Konten

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI LUFFI MARINDAH
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:08
Last Modified: 21 Feb 2020 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item