NISA, KHOIRUN (2020) HUBUNGAN KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Hubungan Keterampilan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 14 Kota Jambi Penulis : Khoirun Nisa NIM : ERA1D012047 Pembimbing I : Drs. Nelyahardi . M.Pd Pembimbing II : Drs. Rasimin. M.Pd Memaksimalkan kesempatan siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan memperoleh kesuksesan dibidang akademik merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap orang yang terlibat dalam pendidikan. Salah satu cara untuk melaksanakan tujuan ini adalah menguasai keterampilan-keterampilan belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah keterampilan belajar. Keterampilan yang berpengaruh terhadap hasil belajar itu salah satunya adalah keterampilan belajar mengatur waktu. Sebab banyak siswa yang gagal meraih hasil belajar yang baik tidak disebabkan oleh faktor IQ yang rendah melainkan disebabkan oleh kurangnya memiliki keterampilan belajar dan sekaligus menggunakannya. Keterampilan belajar itu sendiri adalah kemampuan siswa dalam mengembangkan sikap belajar untuk menciptakan belajar yang efektif. Keterampilan belajar yang dimaksud pada penelitian ini yaitu mengenai mengatur waktu belajar yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan produktivitas waktu dan pengawasan produktivitas waktu. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hal ini dapat diaktualisasikan melaui raport mid semester. Jenis Penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi berjumlah 284 yaitu seluruh jumlah siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi. Dari jumlah populasi tersebut, kemudian dihitung jumlah sampel representatifnya, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 85 orang sampel. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan angket dengan 34 item pernyataan. Data yang diperoleh di olah mengunakan korelasi statistik parametrik pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 21. Dari hasil analisis uji statistik yang dilakukan, telah di dapat hasil korelasi di tingkat 0,539 yang berarti korelasi sedang atau hubungan memadai. Dengan r hitung=0,539 dan r tabel=0,2780, maka nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,539>0,2780). Maka dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu “terdapat hubungan antara keterampilan belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Kota Jambi”. Berdasarkan temuan tersebut implikasi kongkretnya terhadap bimbingan dan konseling, guru pembimbing perlu memiliki pengetahuan tentang bimbingan dan konseling khususnya tentang keterampilan belajar dalam memanajemen waktu, agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada siswa. Sehingga dapat memaksimalkan keterampilan belajar siswa, dan dapat dilaksanakan secara kontinue sesuai kebutuhan. Kata Kunci : Keterampilan Belajar, Hasil Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I : Drs. Nelyahardi . M.Pd Pembimbing II : Drs. Rasimin. M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | KHOIRUNNISA |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:40 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 07:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |