STRATEGI GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 125/1

Novlyanto, Rosalina and Yantoro, Yantoro and Hayati, suci (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 125/1. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISII.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I pdf asli.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB V PDFF.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (310kB)

Abstract

Novlyanto, Rosalina. 2020. Strategi Guru Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 125/1 Awin: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro,M.Pd., (II) Suci Hayati,S.Pd.,M.Pd., Kata kunci: Strategi, Pemecahan Masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pemecahan masalah pmbelajaran matematika kelas IV SDN 125/1 Awin tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDN 125/1 Awin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriftif, dengan subjek penelitian yaitu guru matematika kelas IV. Data penelitian ini diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan beberapa strategi dalam pemecahan masalah pembelajaran matematika yaitu strategi Questioning, strategi Teacher center menggunakan metode Ekspositori dalam penyampaian materi yang berkaitan dengan pemecahan masalah, strategi Student center menggunakan pembelajaran kooperatif atau pembelajaran berkelompok tipe send a problem dimana setiap kelompok diberikan suatu masalah yang sama kemudian menyelesaikan masalah tersebut bersama kelompok, hasil kerjanya di komunikasikan dengan kelompok lain, Strategi pembelajaran langsung menggunakan model pembelajaran langsung untuk mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki yang akan dilatih kepada siswanya. Selanjutnya, strategi pembelajran interaktif menggunakan model secara berkelompok mengerjakan suatu masalah yang diberikan oleh guru dan saling bertukar fikiran, pendapat dan lain-lain. Dan, Strategi pembelajaran mandiri semua siswa diberikan suatu masalah dan menyelesaikan masalah sendiri secara mandiri.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ROSALINA NOVLYANTO
Date Deposited: 28 Sep 2020 13:44
Last Modified: 28 Sep 2020 13:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item