Septiana, Tri Rizky (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN APOTEK HIDUP DI TK LABORA ISLAM. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover aja.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
bab V penutup.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (124kB) |
Abstract
Abstrak Septiana, Tri Rizky. 2020. Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Apotek Hidup di TK Labora Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I., Pembimbing (II) Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi. Kata Kunci: Kemampuan Sains, Apotek Hidup Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan kecerdasan kognitif pada anak usia dini salah satunya adalah kemampuan sains. Kemampuan sains dapat dikembangkan antara lain melalui kegiatan eksperimen, Pemberian tugas, eksplorasi dengan lingkungan sekitar seperti halnya pengenalan tanaman obat pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains anak usia dini melalui kegiatan apotek hidup di kelas B TK labora Islam muaro jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di kelas B TK labora Islam dengan jumlah 10 orang anak, 4 laki-laki dan 6 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi terhadap hasil akhir. Penelitian ini hanya terlaksana 1 siklus dengan 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dari hasil pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Peneliti dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dan satu orang observer (teman sebaya) dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan disetiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan sains dengan media apotek hidup di kelas B TK labora Islam Muaro jambi. Pada pratindakan kemampuan sains anak masih belum berkembang dengan persentase (25,5%). Pada siklus 1 pertemuan ke-1 diperoleh hasil anak mulai berkembang dengan persentase (31,87%). Pada siklus 1 pertemuan ke-2 persentase (41,68%). Pada siklus 1 pertemuan ke-3 diperoleh hasil (52,06%) dan pada siklus 1 pertemuan ke-4 diperoleh hasil dengan persentase (60,31%) yang artinya bahwa kemampuan sains anak melalui kegiatan apotek hidup Berkembang Sesuai Harapan. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains anak usia dini melalui kegiatan apotek hidup di kelas B TK Labora Islam mengalami peningkatan secara signifikan mulai dari tahap pratindakan sampai kepada siklus 1 pertemuan ke-4 dengan persentase (60,31%) dengan kriteria ketuntasan "Berkembang Sesuai Harapan". Maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | TRI RIZKY SEPTIANA |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:03 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |