Pengaruh dukungan sosial dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X ips di sma negeri 6 muaro jambi

Suhada, Hermania and Ekawarna, Ekawarna and Syuhada, Siti (2020) Pengaruh dukungan sosial dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X ips di sma negeri 6 muaro jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
SKRIPSI hermania suhada (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
halaman persetujuan(1)(1).pdf

Download (394kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 1 (1).pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (392kB)

Abstract

Hasil Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajarnya yang menghasilkan perubahan tingkah laku berupa pengetahuan, pemahaman, keterampilan serta sikap. Penelitian ini diambil dengan adanya masalah mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS yang masih tergolong rendah.Untuk mencapai hasil belajar yang baik diperlukan adanya setiap dukungan/ dorongan dari lingkungan sosial dan prokrastinasi akademik dari dalam diri siswa. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 6 Muaro Jambi diketahui hasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 6 Muaro Jambi tergolong rendah. Tujuannya mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara: (1) Dukungan sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (2) Prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (3) Dukungan sosial dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa dari kelas X IPS yang mengikuti mata pelajaran ekonomi.Pengujian analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolioneritas, heteroskedastisitas, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS dilihat dari pada nilai thitung 6,119 > thitung 1,66724. (2) Tidak terdapat pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS dilihat dari pada nilai thitung-3,989 < thitung 1,66724. (3) Terdapat pengaruh secara simultan dukungan sosial dan prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 38,617 > 3,13 Ftabel dan nilai koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,404 atau 40,4%. Berarti dapat disimpulkan bahwa sebesar 40,4% hasil belajar siswa ditentukan oleh dukungan sosial dan prokrastinasi akademik sedangkan sisanya 59,6% dipengaruhi oleh varians variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: SUHADA
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:03
Last Modified: 18 Dec 2020 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item