IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH COVID 19 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 214/X RANTAU JAYA

Gustria, Evanita and Asrial, Asrial and Kurniawan, Agung Rimba (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH COVID 19 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 214/X RANTAU JAYA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABLE.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
SKRIPSI EVANITA GUSTRIA A1D117195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gustria, Evanita, 2021. Implementasi Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 pada Sekolah Dasar Negeri 214/X Rantau Jaya, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring menimbulkan kendala-kendala saat menerapkan pembelajaran yang dihadapi oleh peserta didik, oleh karena itu agar masalah kendala pembelajaran dapat diatas dengan baik oleh peserta didik. Guru diharapkan mampu mendukung meningkatkan kreatifitas untuk upaya memaksimalkan pemakaian teknologi-teknologi mobile dalam pembelajaran khususnya aplikasi WhatsApp. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi data pada penelitian ini adalah peserta didik data primer dan guru data sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dan kendala-kendala peserta didik dalam mengimplementasikan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi yaitu mendeskripsikan pengalaman peserta didik dalam langkah-langkah pembelajaran daring. Sumber data dalam penelitian ini seluruh peserta didik SDN 214/X Rantau Jaya. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu dalam pembelajaran secara daring ada beberapa kendala yang dihadapoi siswa dalam pembelajaran secara daring antara lain yaitu siswa terkendala karena tidak memiliki handphone dan siswa sulit memahami materi yang diberikan oleh guru di grup WhatsApp karena tidak adanya contoh langsung. Adapun langkah-langkah pembelajaran secara daring yaitu sebagai berikut : (a) Peserta didik menyiapkan perangkat pembelajaran daring baik gawai pintar maupun laptop, kuota internet dan baterai yang cukup, (b) peserta didik menyiapkan tempat di rumah yang cukup nyaman untuk belajar, alat tulis, catatan, dan buku pegangan , (c) peserta didik berdoa sebelum pembelajaran, (d) peserta didik mengikuti instruksi dan materi pembelajaran yang diberikan guru, (e) peserta didik menyelesaikan tugas dari guru, dan mengajak diskusi orang tua/wali (f) peserta didik mengumpulkan tugas yang diberikan guru lewat WhatsApp, dan (g) peserta didik berdoa setelah usai melakukan pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa banyak terjadi kendala-kendala dalam melaksanakan pembelajaran secara daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: EVANITA GUSTRIA
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:50
Last Modified: 19 Jan 2021 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item