STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI PESERTA DIDIK INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI

Mulfajril, Restu and Chan, Faizal and Budiono, Hendra (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI PESERTA DIDIK INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER .pdf

Download (22kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (604kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
daftarpustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
SKRIPSI RESTU MULFAJRIL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran jarak jauh bagi peserta didik inklusif autis di Sekolah Dasar Negeri 131/ Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data diperoleh dari wali kelas 1 A sebagai data utama serta guru Shadow sebagai data pendukung. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan strategi bagi peserta didik Inklusif autis di sekolah dasar. Adapun bentuk strategi yang diterapkan yaitu: 1). Guru menyederhanakan pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik, 2). Guru menggunakan catatan sebagai perencanaan pembelajaran, 3). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melaui Whatsapp, 5). Guru memberikan motivasi dalam pembelajaran, 6). Komunikasi Intens dengan peserta didik, 7). Melaksanakan evaluasi dan penilaian sesuai karakteristik peserta didik, 8). Guru kelas dan guru Shadow saling berkomunikasi dalam pembelajaran, 9). Menggunakan metode ceramah, belajar sambil bermain, penugasan, serta menggunakan remedial Teaching untuk mencapai kompetensi yang belum tercapai 10). Penggunaan media pembelajaran kongkret yang aman dan menarik sesuai materi pelajaran seperti gambar, alat peraga, dan Puzzle 11). Guru mengalami kendala berupa komunikasi dan fokus dari peserta didik, 12). Guru meminta peserta didik untuk datang ke sekolah agar dapat berkomunikasi lebih lanjut dengan peserta didik. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar selalu melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik Inklusif autis, memberikan motivasi dan terapi agar dapat menambah gairah belajar peserta didik pada pembelajaran, penggunaan metode yang cocok, menggunakan media yang menarik, dan komunikasi sesering mungkin dengan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RESTU MULFAJRIL
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:22
Last Modified: 19 Jan 2021 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item