yosefa, ade and destrinelli, destrinelli and Kurniawan, Agung Rimba (2021) HOME VISIT METHOD DALAM PEMBELAJARAN LURING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 3 MUSI RAWAS. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB_I[1].pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan home visit method dalam pembelajaran luring di masa pandemi Covid-19 di MIN 3 Musi Rawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan home visit method di MIN 3 Musi Rawas. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu.data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 3 Musi Rawas melaksanakan pembelajaran atap muka berdasarkan Surat Edaran Bupati Musi Rawas Nomor : 420/40/DISDIK/2020 tentang izin penyelenggaraan tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (Kondisi khusus). Adapun pada pengimplementasian Home Visit Method ini terdapat 3 tahapan yaitu : a) Tahap persiapan, pada tahap ini dilakukan pembagian kelompok, pembagian jadwal, penginformasian akan dilakukan home visit dan membuat grup whatsapp. b) Tahap Pelaksanaan, dibagi menjadi 2 yaitu : tahap pelaksanaan kegiatan awal, pada tahap ini guru akan melakukan kunjungan sesuai dengan jadwal dan menyampaikan materi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan kegiatan lanjutan, guru akan memberikan tugas untuk dikerjakan peserta didik di luar waktu kunjungan. c) Tahap Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran, pada tahap ini guru akan mengawasi kegiatan belajar anak dirumah dengan meminta orang tua peserta didik mengirimkan foto kegiatan belajar anak dan mengirimkan tugas dalam bentuk vidio, audio, maupun gambar. Melalaui pengumpulan tugas tersebut guru dapat menilai dan mengetahui seberapa paham peserta didik dengan materi yang disampaikan pada saat kegiatan home visit method. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Home Visit method ini dilakukan berdasarkan instruksi pemerintah daerah musi rawas melalui Surat Edaran Bupati Musi rawas Nomor : 420/40/DISDIK/2020 tentang izin penyelenggaraan tatap muka pada zona hijau dan kuning di masa pandemi Covid-19 (Kondisi khusus). 2) Pelaksanaan home visit method terdapat 3 tahap yaitu : a) tahap persiapan. b) tahap pelaksanaan terbagi menjadi dua yaitu Tahap pelaksanaan kegiatan awal dan Tahap pelaksanaan kegiatan lanjutan. c) Tahap monitoring dan evaluasi pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ADE YOSEFA |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 03:52 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |