PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK DAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 21 SAROLANGUN

ANIS, SAFITRI (2021) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK DAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 21 SAROLANGUN. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
HALAMAN JUDUL-dikonversi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
halaman pengesahan skripsi.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi (2).pdf

Download (17kB)
[img] Text
1. BAB I HASIL-dikonversi (1).pdf

Download (73kB)
[img] Text
5. BAB V HASIL-dikonversi (1).pdf

Download (124kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Mengatasi permasalahan yang dihadapi proses pembelajaran matematika maka perlu ada perubahan pada proses pembelajaran yang berpusat kepada guru menjadi berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar antara pembelajaran dengan model blended learning dan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok di kelas VIII SMP Negeri 21 Sarolangun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Sarolangun. Adapun yang menjadi sampel nya yaitu kelas VIII-A (kelas eksperimen) dan kelas VIII-B (kelas kontrol) yang mana terpilih dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu post-test dan lembar observasi aktivitas siswa serta lembar observasi aktivitas guru (sebagai data penunjang). Setelah hasil soal post-test dikembalikan data akan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen (model blended learning) adalah 75,455 dengan rata-rata aktivitas guru 94.04% (sangat baik) dan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas kontrol adalah 69,394 dengan nilai rata-rata aktivitas guru 91,56% (sangat baik). Kemudian dilakukan analisis menggunakan uji t sehingga diperoleh t_hitung=2,1699dan t_tabel= 2,02, dimana t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0 maka H_0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar antara pembelajaran dengan model blended learning dan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok di kelas VIII SMP Negeri 21 Sarolangun. Adapun rata-rata hasil belajar matematika di kelas yang diterapkan pembelajaran dengan model blended learning lebih tinggi daripada hasil belajar matematika di kelas yang diterapkan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANIS SAFITRI
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:03
Last Modified: 02 Feb 2021 03:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item View Item