Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita

Rahmawati, Dian (2020) Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I NEW-dikonversi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V baru-dikonversi.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Dian. 2020. Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita Sarolangun. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. Sukendro, M.Kes., AIFO., Pembimbing (II) Dr. Drs. Destrinelli, M.Pd. Kata kunci: keterampilan motorik halus, media kain perca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak usia 5-6 tahun di TK Darma Wanita Desa Pulau Pandan yang berjumlah 11 anak yang belum berkembang optimal dan belum mencapai indikator keberhasilan dalam keterampilan motorik halus. Dari jumlah semua siswa yang terdiri dari 11 anak, sebanyak 9 anak yang belum berkembang secara optimal. Diantaranya anak masih belum bisa menggambar, meniru bentuk, melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, menggunakan alat tulis dengan benar, menggunting sesuai pola, menempel gambar dengan tepat dan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara detail. Keterampilan motorik halus dalam penelitian ini menggunakan teori Masganti sedangkan media pembelajaran menggunakanteori Mursid. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimana keterampilan motorik halus anak sebelum diberikan tindakan, 2) bagaimana keterampilan motorik halus anak sesudah diberikan tindakan, 3) apakah dengan pemanfaatan kain perca sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak sebelum diberikan tindakan, 2) untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak sesudah diberikan tindakan, 3) untuk mengetahui apakah pemanfaatan kain perca sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Pemanfaatan kain perca sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Darma Wanita Desa Pulau Pandan”. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan yaitu desain PTK model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki langkah-langkah seperti penyusunan (RPPH), pelaksanaan tindakan, mengobservasi/mengamati, dan juga melakukan refleksi pada setiap pertemuannya. Pada penelitian ini menggunakan 2 siklus yang setiap siklus nya memiliki 4 (empat) pertemuan/kegiatan. Subjek penelitian ini terdiri dari 11 orang siswa. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu perhitungan dalam bentuk persentase. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Darma Wanita pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai 25.87%, siklus I pertemuan 2 dengan nilai 27.63%, siklus I pertemuan 3 dengan nilai 33.46%, siklus I pertemuan 4 dengan nilai 46.48%. siklus II pertemuan 1 dengan nilai 65.59%, siklus II pertemuan 2 dengan nilai 72.15%, siklus II pertemuan 3 dengan nilai 81.92%. Kesimpulan penelitian ini adalah “Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun dapat ditingkatkan melalui Media Pembelajaran Kain Perca”.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Dian Rahmawati
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:53
Last Modified: 02 Feb 2021 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item