Implementasi Penguatan Pendidikan Karakater (PPK) melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Aisyah, Yasinta Septi (2021) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakater (PPK) melalui Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstract

Aisyah, Yasinta Septi. (2021) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Ahmad Hariandi, S.Pd. I., M.Ag, (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pembelajaran daring. Pemberlakuan physical distancing memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam proses pembelajaran, yaitu dengan dilaksanakannya pembelajaran secara daring. Namun dalam pelaksanaannya, Guru akan tetap memperhatikan aspek-asepek yang mendukung tujuan pembelajaran salahsatunya yaitu implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada wali kelas dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui pembelajaran daring pada setiap indikator yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas telah terlaksanana pada proses pembelajaran dengan cara Guru memberikan intruksi kepada peserta didik dalam menguatkan kelima nilai utama karakter tersebut. Pembelajaran yang dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom cloud meeting dan google classroom. Pada setiap karakter Guru melakukan pembiasaan seperti pembelajaran tatap muka dengan menyesuaikan keadaan, seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, tidak menyontek tugas teman, memberikan pemahaman untuk tidak merugikan sesama manusia dengan menggunakan perumpamaan hubungan parasitisme, menghargai orang disekitarnya, dan sebagainya. Selain itu, Guru juga menciptakan beberapa kegiatan baru seperti membaca surah al-kahfi, menyanyikan lagu Indonesia Raya di rumah, menjaga protokol kesehatan covid-19, membantu pekerjaan di rumah yang mampu dikerjakannya. Namun tetap ditemukan kendala, yaitu pada tahapan perencanaan dimana Guru masih menggunakan RPP konvensional dan pada tahapan evaluasi, Guru yang cukup mengalami kesulitan karena tidak dapat melihat langsung kegiatan peserta didik dan hanya dapat mengkonfirmasi melalui wawancara dengan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: YASINTA SEPTI AISYAH
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:32
Last Modified: 23 Feb 2021 01:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16490

Actions (login required)

View Item View Item