Munawaroh, Siti (2021) Analisis Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada Siswa Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
Abstract
ABSTRAK Munawaroh, Siti. (2021) Analisis Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Maryono, M.Pd, (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Multiple Intelligence Penelitian ini dilatar belakangi oleh beragamnya karakteristik, bakat, dan juga kecerdasan setiap peserta didik. Pada dunia pendidikan, seringkali guru hanya mempertimbangkan kecerdasan bahasa dan matematika peserta didik saja tanpa mempertimbangkan kecerdasan lainnya. Howard Gardner berpendapat terdapat beraneka ragam kecerdasan atau biasa disebut multiple intelligence. Sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat mengembangkan seluruh peserta didik yakni melalui pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk “multiple intelligence”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligence) siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka yaitu penelitian yang mengkaji jurnal, artikel, dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian terdahulu dengan topik penelitian pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligence) pada siswa sekolah dasar yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal online yang terindeks sinta dan google scholar. Jumlah jurnal-jurnal yang diperoleh yaitu sebanyak 9 jurnal penelitian yang telah diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap peserta didik memiliki kecerdasan majemuk dengan kapasitas masing-masing. Melalui pembelajaran tematik guru berperan penting dalam mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) peserta didik yakni kecerdasan linguistik, kecerdasan matematika-logika, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalistik, dan kecerdasan eksitensialis dalam proses pembelajaran dengan berbagai kegiatan dalam satu tema. Berbagai kecerdasan tersebut dapat dikembangkan dengan fasilitas dan proses kegiatan pembelajaran tematik yang sesuai, sehingga dapat menjadi wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SITI MUNAWAROH |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 01:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |