PENGARUH KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI TK MUTHMAINNAH KOTA JAMBI

VITALOKA, DIAH AYU (2021) PENGARUH KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI TK MUTHMAINNAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Vitaloka, Diah Ayu. 2021. “Pengaruh Kegiatan Bercerita dengan Media Boneka Tangan terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK Muthmainnah Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Pembimbing II Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd Kata Kunci: Bercerita, Media boneka tangan, Kosakata anak Latar belakang penelitian ini dari hasil pengamatan penilaian penguasaan kosakata pada anak usia dini di TK Muthmainnah Kota Jambi menunjukkan seperti, ketika guru memberikan dua perintah secara bersamaan ternyata dari 20 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki, 6 anak dapat melakukan dua perintah secara bersamaan, sedangkan 14 anak yang lainnya masih sulit mengerti perintah yang diberikan guru secara bersamaan, selain itu masih terlihat ada anak yang tidak mengerjakan kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru pada saat di kelas. Penguasaan kosakata pada penelitian ini menurut Keraf (2009: 68), Kegiata bercerita pada penelitian ini menurut (Rahayu dalam Agusniatih, 2019:135). Rumusan masalah penelitian ini Apakah terdapat pengaruh kegiatan bercerita dengan media boneka tangan terhadap penguasaan kosa kata anak usia dini usia 4-5 Tahun di TK Muthmainnah Kota Jambi?, Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh kegiatan bercerita dengan media boneka tangan terhadap penguasaan kosakata anak usia dini usia 4-5 Tahun Melalui di TK Muthmainnah Kota Jambi. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh kegiatan bercerita dengan media boneka tangan terhadap penguasaan kosakata anak usia dini usia 4-5 Tahun di TK Muthmainnah Kota Jambi. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A sentra persiapan TK Muthmainnah Kota Jambi berjumlah 10 anak, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok A1 sentra persiapan TK Muthmainnah Kota Jambi dengan jumlah 10 orang anak. Teknik pengambilan sampel random sampeling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terkait dengan uji hipotesis, terdapat Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini diperoleh berdasarkan perhitungan harga t hitung dengan harga t tabel pembanding harga antar t hitung dengan nilai presentil pada tabel distribusi – t, untuk taraf nyata α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = (n – 1) = 9 diperoleh hitung (19,44) > t tabel (1,8331). Kesimpulan penelitian ini “terdapat pengaruh kegiatan bercerita dengan media boneka tangan terhadap penguasaan kosakata anak usia dini usia 4-5 Tahun di Tk Muthmainnah Kota Jambi dengan interprestasi kuat (Strong effect) dengan nilai 8.20 yang berada pada > 1.00.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Pembimbing II Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bercerita, Media boneka tangan, Kosakata anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: DIAH AYU VITALOKA
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:23
Last Modified: 05 Mar 2021 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16649

Actions (login required)

View Item View Item