Anisa Putri, Salsa (2021) STRATEGI GURU DALAM MEMPERTAHANKAN EFEKTIVITAS BELAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI SALSA ANISA PUTRI (A1D117135) FINISH.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (199kB) |
Abstract
Putri, Salsa Anisa. 2021. Strategi Guru dalam Mempertahankan Efektivitas Belajar pada Proses Pembelajaran Daring di Kelas Rendah Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Efektivitas Belajar, Pembelajaran Daring. Kemajuan pendidikan di Indonesia ditentukan dengan keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah. Proses pembelajaran ditandai dengan adanya interaksi edukatif, yaitu interaksi yang sadar akan tujuan. Strategi pembelajaran merupakan hal yang sangat diperlukan untuk tercapainya tujuan pembelajaran, Efektivitas pembelajaran adalah ukuran keberhasilan dari suatu proses interaksi antar siswa dengan siswa maupun antara siswa dengan guru dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi guru sangat diperlukan dalam mempertahankan efektivitas belajar selama pembelajaran daring. Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring pembelajaran harus tetap dilaksanakan dengan cara guru menemukan berbagai strategi baru. Pembelajaran selama daring menggunakan perangkat pendukung yang memudahkan siswa dalam belajar selama daring menggunakan perangkat pembelajaran yang mudah dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mempertahankan efektivitas belajar pada proses pembelajaran daring di kelas rendah Sekolah Dasar. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah fenomenologi yaitu untuk mendeskripsikan pengalaman guru dalam mempertahankan efektivitas belajar pada proses pembelajaran daring di kelas rendah Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan karena peneliti ingin memahami dan mendeskripsikan fenomena atau pengalaman guru dalam mempertahankan efektivitas belajar pada proses pembelajaran daring di kelas rendah Sekolah Dasar melalui kegiatan wawancara. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara secara langsung maupun tidak langsung. Data pada penelitian ini adalah strategi guru dalam mempertahankan efektivitas belajar pada proses pembelajaran daring di kelas rendah Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah SD Negeri 211/IX Mendalo Darat yang melaksanakan pembelajaran daring dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian serta pembahasan yang telah dipaparkan dan dituangkan dalam bentuk tema-tema menunjukkan bahwa terdapat 9 strategi guru kelas rendah dalam mempertahankan efektivitas belajar selama proses pembelajaran daring, strategi guru yaitu, menggunakan video pembelajaran, kerjasama orangtua, menggunakan rekaman suara, menggunakan aplikasi pembelajaran, tatap muka sekali dalam seminggu, sebagai motivator, kesabaran, pemberian tugas, dan penilaian tugas siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa strategi guru kelas rendah dalam mempertahankan efektivitas belajar yaitu guru sebagai fasilitator, motivator dan inovator selama proses pembelajaran daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Salsa Anisa Putri |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 01:30 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |