IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR

Setiani, Lia (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SECARA DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
null.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER LIA SETIANI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DN PENGESAHAN LIA SETIANI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 1 LIA SETIANI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 5 LIA SETIANI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LIA SETIANI.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN LIA SETIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Setiani, Lia. 2021. Implementasi Pembelajaran Secara Daring Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (2) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran daring, Google classroom Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah dampak pandemi Covid-19 yang merambah ke dunia pendidikan yang menyebabkan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran secara daring adalah Google Clasroom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pembelajaran secara daring menggunakan google classroom pada masa pandemi di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 194/ VIII Wirotho Agung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer adalah wawancara dan observasi guru kelas IV dan sumber data sekunder adalah foto-foto dan catatan yang berkaitan dengan pembelajaran secara daring menggunakan google classroom pada masa pandemi di Sekolah Dasar kelas IV materi metamorfosis. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data model alir oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran secara daring menggunakan google classroom pada masa pandemi di sekolah dasar meliputi; (1) perencanaan pembelajaran menyiapkan RPP dan materi (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi; tujuan pembelajaran materi metamorfosis ini agar siswa mampu mengidentifikasi peristiwa metamorfosis pada hewan kupu-kupu, katak dan nyamuk, guru memberikan materi pelajaran dengan rinci, media yang digunakan guru berupa link video, metode yang digunakan metode tanya jawab dan penugasan, strategi mengajar guru dengan menyampaikan poin-poin penting, (3) Hasil penilaian pembelajaran google classroom belum berhasil mencapai KKM secara klasikal. Faktor pendukungnya adalah motivasi dalam diri siswa dan bimbingan orang tua. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya manajemen waktu, keadaan gadget lemot dan sebagian siswa masih terkendala akses internet. Kemudian, kelebihannya pembelajaran lebih efektif, siswa dapat belajar secara mandiri. Kekurangan menggunakan aplikasi google classroom yaitu tidak ada praktikum pada materi metamorfosis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: LIA SETIANI
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:08
Last Modified: 16 Mar 2021 02:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item