STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Fattonah, Witan (2021) STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Fattonah, Witan. 2020. Studi Perbandingan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Sufri M.Si., (II) Drs. Gugun M. Simatupang. M.Si. Kata kunci :model pembelajaran, Numbered Heads Together (NHT) , Think Pair Share (TPS), hasil belajar, himpunan, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT lebih baik dari model pembelajaran TPS jika diterapkan pada materi himpunan dikelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif tipe eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Tunas Bangsa Singkut dan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII 1 (eksperimen I) dan VII 3 (eksperimen II) yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar soal posttest dan lembar observasi. Data tes dianalisis menggunakan uji t, didapatkan nilai t-hitungnya 2,11 dan didapat nilai t-tabelnya sebesar 2,03. Terlihat bahwa thitung > ttabel dimana 2,11 > 2,03, maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf kepercayaan 95%.. Hasil dari analisis data penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran NHT adalah 63,68 dan simpangan baku nya adalah 12,34. Sedangkan pada kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran TPS memiliki nilai rata-rata 55,56 dan simpangan baku 10,97. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran NHT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran TPS. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari model pembelajaran Think Pair Share (TPS) jika diterapkan pada materi himpunan kelas VII SMP.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WITAN FATONAH
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:07
Last Modified: 16 Mar 2021 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item View Item