Mardiana, Mardiana (2021) STUDI TENTANG MINAT SISWA MENGIKUTI KONSELING INDIVIDUAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada siswa kelas VIII yang telah disebarkan kepada siswa kemudian yang sudah melaksanakan konseling individual ini berjumlah 50 siswa. Siswa yang melaksanakan bimbingan konseling individual hanya sedikit, dari pada siswa yang memiliki item bermasalah banyak. Ini merupakan ciri rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan konseling individual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah Minat siswa mengikuti konseling individual yang di liaht dari aspek perasaan senang, adanya keinginan, adanya perhatian, dan adanya ketertarikan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 24 Kota Jambi. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Porposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis sebanyak 32 item. Instrumen tersebut telah diuji cobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengetahui rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan konseling individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat dilihat dari aspek perasaan senang, adanya keinginan, adanya perhatian, dan adanya ketertarikan. Aspek yang paling dominan rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan konseling yaitu pada aspek Perhatian 55,5% berada dalam kategori sedang. Perhatian seseorang terhadap pemanfaatan layanan konseling perorangan ini sebenarnya cukup dibutuhkan namun tidak sedikit juga yang tidak perhatian terhadap layanan konseling individual. Sehingga minat siswa kurang dalam memanfaatkan layanan konseling perorangan. Jika seorang individu yang mempunyai perhatian kepada sesuatu hal, yang biasa disebut minat, maka ia akan berusaha untuk dapat mewujudkannya melalui rangkaian kegiatan yang mengarah dengan perhatiannya itu. Kata kunci : Minat Siswa, Layanan Konseling Individual
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | MARDIANA |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 07:36 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |