Rahmad, Rahmad (2021) Strategi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER I-dikonversi.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi-dikonversi.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB I (2).pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmad. 2021. Strategi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Tinggi Sekolah Dasar: Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Strategi guru, penilaian, matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 di kelas tinggi sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Januari 2021. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini hanya berfokus kepada penilaian kognitif peserta didik, maka dari itu guru memiliki strategi dalam melaksanakan penilaian pembelajaran matematika supaya bisa memberikan gambaran nyata dari kemampuan peserta didik. Strategi yang guru gunakan dalam penilaian pembelajaran matematika yaitu (1) Melakukan penilaian pembelajaran secara tatap muka langsung. (2) Penilaian berdasarkan tugas harian peserta didik. (3) Penilaian berdasarkan kehadiran peserta didik. (4) Merujuk pada nilai rapor semester sebelumnya. Pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 ini membuat guru menjadi berjarak dengan peserta didiknya, sehingga guru perlu memiliki strategi penilaian pembelajaran matematika yang dapat membantu guru memberikan penilaian secara utuh yang merupakan gambaran kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru memiliki strategi penilaian yang baik supaya mampu memberikan gambaran nyata dari kemampuan peserta didik pada mata pelajaran matematika dan juga hasil yang diperoleh akan lebih baik. Di samping itu, guru juga harus memiliki ide-ide krearif karena sangat membantu guru dalam menggunakan strategi penilaian pembelajaran matematika supaya penilaian yang dilakukan sesuai denan kriteria penilaian yang ditentukan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAHMAD |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 06:36 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17989 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |