Fazira, Gina Lailatul and Chan, Faizal and Destrinelli, Destrinelli (2021) Tahapan Pembelajaran Secara Daring yang dilaksanakan Guru di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (37kB) |
Abstract
Fazira, Lailatul Gina. 2021. “Tahapan Pembelajaran Secara Daring yang dilaksanakan Guru di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi”: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Dr. Dra. Destrinelli.,M.Pd. Kata Kunci : Tahapan, pembelajaran SecaraDaring, Pelaksanaan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan guru di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi pada Januari-Febuari 2021.Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kualilatif dengan jenis penelitian fenomenologi.Data dalam penelitian ini berupa deskripsi mengenai tahapan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan guru kelas IV C di SDIT Diniyyah Al-Azhar.Sumber data berupa data primer dan sekunder.Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas IV C dan kepala sekolah.teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan 3 tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwatahapan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan guru di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi tepatnya pada guru kelas IV C sudah terlaksana. Dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring guru kelas IV C terdapattiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran guru mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran secara terorganisir mulai dari RPP, materi, media dan metode pembelajaran, serta fasilitas pendukung. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru terdapat kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pembelajaran yang diterapkan guru yaitu dengan berbagai macam flatform belajar sebagai media online dalam pembelajaran secara daring seperti zoom dan WhatsApp.Guru juga menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan guru yaitu secara langsung saat proses pembelajaran berlangsung dengan melihat keaktifan siswa selama proses pembelajaran melalui zoom, dan dengan memberikan tugas kepada siswa. Dari penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa tahapan pembelajaran secara daring yang dilaksanakan guru dikelas terdapat perencanaa, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | GINA LAILATUL FAZIRA |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 07:34 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |