Pengembangan Media Video Menggunakan Multi Aplikasi pada Tema 5 Subtema 1 dikelas III Sekolah Dasar

Desrina, Septiani and Destrinelli, Destrinelli and Budiono, Hendra and Septiani, Hendra (2021) Pengembangan Media Video Menggunakan Multi Aplikasi pada Tema 5 Subtema 1 dikelas III Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (116kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan pengesahan.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (84kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan proses pengembangan, (2) mendeskripsikan tingkat kevalidan, (3) mendeskripsikan tingkat kepaktisan media video menggunakan multi aplikasi pada Tema 5 Subtema 1. Metode penelitian ini Research and development ( R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun prosedur model ADDIE diantaranya: (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementasion (5) Evaluation. Pemerolehan data dari penelitian ini kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa analisis, saran, masukan, kritikan dari validator dan pendapat siswa tentang media sedangkan kuantitatif angket validasi media, pembelajaran dan kepraktisi guru. (1) mendeskripsikan proses pengembangan berupa Analisis kurikulum,tujan pembelajaran, kebutuhan media dan analisis karakteristik siswa, dilanjutkan dengan menyiapkan bahan, alat yang digunakan dalam membuat media video berupa Story Board, setelah itu dilakukan penilain dari media yang telah dibuat oleh validasi ahli media, pembelajaran dan kepraktisan guru dilanjutkan dengan uji coba perorangan. Setelah itu di terapkan pada kelompok kecil untuk melihat kepratisan media. Tahap akhir adalah evaluasi berupa formatif dan sumatif. (2) mendeskripsikan tingkat kevalidan media video dari validasi ahli pembelajaran pada tahap awal tidak valid mendapatkan nilai 0, tahap kedua valid mendapat nilai 3,63 sedangkan pada tahap ketiga media sudah valid mendapatkan nilai 3,90, untuk validasi ahli media terdapat perbaikan mengenai baground yang tidak sesuai dengan tulisan didapatkan nilai 4,0 dilanjutkan dengan melihat kevalidan kepraktisi guru terdapat perbaikan mengenai KD dan tujuan yang terlalu cepat durasinya dan mendapatkan nilai 4,5 dikategorikan sangat layak. Berdasarkan tingkat kevalidan media, pembelajaran dan kepraktisan guru dinyatakan media sudah layak untuk di uji cobakan. (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan dilihat dari siswa melalui wawancara kelompok kecil siswa mengatakan tertarik dan senang belajar menggunakan media video. Kesimpulan dari pengembangan ini menghasilkan media video menggunakan multi aplikasi dengan model ADDIE untuk kelas III sekolah dasar yang valid dan praktisi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SEPTIANI
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:38
Last Modified: 26 Mar 2021 03:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18886

Actions (login required)

View Item View Item