Indriana, Sintia (2021) Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi covid-19 di SDN 111/1 Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_ SINTIA INDRIANA_A1D118078.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
ABSTRAK Indriana, Sintia. 2020. Strategi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 111/1 Muara Bulian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I.,M.Ag., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: strategi guru, pembelajaran tematik, pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru di SDN 111/1 Muara Bulian dalam melaksanakan pembelajaran tematik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/1 Muara Bulian pada Januari- Februari 2021. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenalogi. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan guru melaksanakan pembelajaran (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru kelas (sebagai data penunjang). Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah ini telah menggunakan strategi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di masa pandemi covid-19, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan menggunakan WhatsApp sebagai media dalam menyampaikan informai kepada peserta didik. Strategi yang digunakan 1) Strategi dalam perencanaan, guru membuat grup whatsApp, menyiapkan perangkat pembelajaran yang diperlukan berupa silabus dan RPP, dan membuat video yang dimodifikasi dari youtube; 2) Strategi dalam pelakasanaan, terdiri dari tahap pendahuluan strategi yang dilakukan guru yaitu memberi salam secara non verbal, berdoa, memberi gambaran tentang materi, dan memberikan motivasi melalui pesan grup WhatsApp; tahap inti strategi yang digunakan guru yaitu menyampaikan materi sesuai tema dengan dengan video pembelajaran, mengirimkan LKPD, dan pemberian tugas berupa tertulis atau non tertulis; selanjutnya tahap penutup dengan menyampaikan kalimat-kalimat motivasi. 3) Strategi dalam Evaluasi, dilakukan guru dengan merekap nilai peserta didik dari tugas tertulis dan tidak tertulis. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini bahwa guru kelas II SDN 111/1 Muara Bulian melaksanakan pembelajaran tematik dilakukan secara daring menggunakan WhatsApp. Strategi guru sudah diterapkan dengan baik secara bertahap, mulai dari strategi dalam tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Sintia Indriana |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 01:28 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 01:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |