Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar

haryanti, siska (2021) Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SISKA HARYANTI A1D117123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover..pdf

Download (38kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (29kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (40kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Haryanti, Siska. 2021, “Strategi Guru dalam Mengoptimalkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd. (II) Ahmad Hariandi S.Pd.I., M.Ag. Kata kunci : Strategi Guru, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana startegi guru dalam mengoptimalkan efektivitas pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Dengan melakukan pengamatan secara langsung dan secara tidak langsung dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan strategi pembelajaran dalam mengoptimalkan efektivitas pembelajaran jarak jauh yaitu dengan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses komunikasi, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Dalam pengelolaan pelaksanaan pembelajaran guru terlebih dahulu menyiapkan RPP pembelajaran yang akan digunakan kemudian menyediakan materi pembelajaran yang akan disampaikan dan menggunakan video pembelajaran dimana di dalam video pembelajaran tersebut juga menyiapkan media pembelajaran. Dalam proses komunikasi menggunakan dua strategi yaitu keterampilan bertanya dan memberi penguatan. Selanjutnya mengenai aktivitas belajar yang terjadi di dalam grup paguyuban kelas guru menyampaikan materi di dalam grup tersebut dan sikap siswa baik dengan merespon apa yang disampaikan guru. Kemudian mengenai hasil belajar yang didapat siswa sudah memenuhi KKM yang ditentukan oleh sekolah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya untuk terus berinovasi dalam mengoptimalkan efektivitas pembelajaran jarak jauh di di sekolah dasar. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah guru telah melaksanakan strategi dalam mengoptimalkan efektivitas pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar dengan menyiapkan RPP, materi ajar, video dan media pembelajaran, keterampilan dalam proses komunikasi, aktivitas dalam belajar sehingga hasil belajar yang didapat dapat memenuhi kriteria KKM.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Siska Haryanti
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:55
Last Modified: 26 Mar 2021 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item