Ardhiyanti, Lhorita Retno (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DI KELAS TINGGI PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_LHORITA_RETNO._A[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER AJA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PERSETUJUAN[1].pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PENGESAHAN[1].pdf Download (611kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (33kB) |
Abstract
Ardhiyanti, Lhorita Retno. 2021. Implementasi Strategi Pembelajaran di Kelas Tinggi Pada Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Strategi Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implemtasi strategi pembelajaran di kelas tinggi pada masa pandemi di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada semester genap di SDN 64/I Muara Bulian pada Januari 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data diperoleh dari wali kelas IV A, V B dan VI B. penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan strategi pembelajaran guru menggunakan perencanaan untuk ketercapaian tujuan pembelajaran dengan menyiapkan bahan ajar berupa buku siswa dan media pembelajarannya video pembelajaran dari Youtube yang dimodifikasi agar sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran guru mengawali dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa kemudian menggunakan metode penugasan yang dikirimkan melalui grup Whatsapp kelas. Penyampaian bahan ajar berupa foto lembar buku yang berisikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran pada hari itu yang telah disederhanakan serta mengirimkan foto bahan ajar cetak (buku siswa), Guru juga memberikan video pembelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran melalui grup Whatsapp kelas. Penugasan yang diberikan oleh guru berupa soal-soal yang ada dibuku siswa dengan waktu pengerjaan senin sampai jumat. Tugas yang telah dikerjakan dikumpulkan pada hari sabtu pagi kemeja guru masing-masing. Evaluasi dilakukan guru satu minggu sekali yang bertujuan memperbaiki perencanaan yang akan datang dan untuk melihat kemajuan belajar siswa. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam strategi pembelajaran guru harus menyiapkan perencanaan yang tepat agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik. Adapun evaluasi yang digunakan guru untuk memperbaiki cara belajar yang akan diterapkan dikemudian hari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LHORITA RETNO ARDHIYANTI |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 01:51 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |