Noveliani, Agya Dinda and Sofwan, Muhammad and Hayati, Suci (2021) Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas Vi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di SDN 228/IX Sungai Bertam. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER DINDA-converted.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB I DINDA.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI DINDA.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB V DINDA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_AGYA DINDA NOVELIANI-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Noveliani, Agya Dinda. 2021. Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Kelas Vi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di SDN 228/IX Sungai Bertam : Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh , Pendidikan, Orang Tua, Hasil Belajar Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan karena maraknya pandemic virus Covid 19 membuat orang tua siswa harus mendampingi anak dalam pelaksanaannya. Hasil belajar siswa bergantung dari bagaimana cara orang tua mendampingi selama pembelajaran jarak jauh, tingkat pendidikan orang tua berperan penting dalam pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dari tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa selama melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa Sekolah Dasar Negeri 228/XI Sungai Bertam yang berjumlah 24 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 228/XI Sungai Bertam yang jumlahnya ada 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil dari penelitian ini bahwa dari semua perhitungan hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan Thitung > Ttabel yaitu 4,102 > 1,711, ini berarti Pendidikan orang tua (X) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (Y) selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan sangat signifikan. Artinya hipotesis yang diajukan oleh peneliti berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh”. Artinya semakin tinggi tingkat Pendidikan orang tua maka akan semakin tinggi tingkat Pendidikan orang tua maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa dan sebaliknya semakin rendah tingkat pendidikan formal orang tua maka akan semakin rendah hasil belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | AGYA DINDA NOVELIANI |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 07:53 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |