analisis penggunaan whatsapp pada proses pembelajaran daring di kelas 1C sekolah dasar

nofria, sinta (2021) analisis penggunaan whatsapp pada proses pembelajaran daring di kelas 1C sekolah dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (161kB)
[img] Text
MyDoc 20_50_24.pdf

Download (615kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Nofria, Sinta. 2021. Analisis penggunaan Whatsapp pada proses pembelajan daring dikelas 1C Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II)Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Analisis,Whatsapp,Pembelajaran Daring Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Whatsapp pada proses pembelajan daring dikelas 1C Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Adhyaksa 1 Kota JambiPada Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yangdilakukan pada guru dan siswa kelas1C dengan menganalisis penggunaan Whatsapp pada proses pembelajaran daring di kelas 1C Sekolah Dasar. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenalogi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis miles dan hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara guru dan siswa menggunakan Whatsapppada prosespembelajaran daring yaitu mengirimkan videopembuka,penjelasan serta penutup kedalam Whatsapp group pada proses pembelajaran. Setelah memberikan materi kepada siswa guru langsung memberikan tugas dan tugas ini dinilai langsung oleh guru melalui Whatsapp pribadi Dengan menggunakan Whatsapp pada proses pembelajaran daring didapatkan data kendala yang dihadapioleh guru dan siswa kelas 1C dalam menggunakan Whatsappialah siswa yang tidak mempunyai handphone sendiri dan siswa yang tidak menggunakan wifi dirumah,solusi dari masalah ini adalah siswa yang belum mempunyai handphone mereka harus menggunakan handphone orang mereka terlebih dahulu dan 50% dari jumlah siswa 1C mereka mendapatkan paket internet gratis dari sekoalah. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih membunyai kemauan yang kuat dalam menyatukan teknologi, informasi dan komunikasi dalam pendidikan khususnya Whatsapp tidak hanya terfokus pada fitur teks dan gambar saja.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sinta Nofria
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:32
Last Modified: 21 Apr 2021 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item View Item