Sianturi, Yesica Hotmaria (2021) PENGARUH PENERAPAN E-LEMATIKA ACTIVE-FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE PADA MATERI FUNGSI DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP ATTITUDE SISWA KELAS X SMAN 1 BUNGO. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
1. Cover Skripsi.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
hal.pengesahan.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (216kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kuesioner online menunjukkan bahwa siswa merasa tidak percaya diri, cemas, tidak menikmati pelajaran matematika dan tidak ada motivasi dalam mempelajari matematika meskipun mereka sadar bahwa mempelajari matematika memiliki manfaat yang besar. Platform dan model yang biasa diterapkan selama pembelajaran jarak jauh daring tidak kompleks dan cenderung berpusat pada guru meski telah menggunakan Kurikulum 2013. E-lematika active-flipped classroom tipe group investigation adalah inovasi model flipped, dimana saat kegiatan in class siswa aktif dan kolaboratif melaksanakan penyelidikan untuk menggali informasi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-lematika active-flipped classroom berbasis moodle pada materi fungsi dengan tipe group investigation terhadap attitude siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode quasi experimental design. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan dipilih kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 di SMAN 1 Bungo sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dengan instrumen berupa angket attitude siswa dan angket keterlaksanaan aktivitas siswa, serta teknik observasi dengan instrumen berupa lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21.0 menunjukkan bahwa pada uji t antara hasil pre test dan post test diperoleh sig.(2-tailed) = 0.232 > 0.05 untuk kelas kontrol, maka H0 diterima. Sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh sig. (2-tailed) = 0,018 < 0.05, maka H1 diterima. Hasil ini juga didukung oleh hasil uji t antarkelas sampel yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.044 < 0.05, artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata attidue antara siswa yang menerapkan e-lematika active-flipped classroom tipe group investigation dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan e-lematika active-flipped classroom pada materi fungsi dengan tipe group investigation terhadap attitude siswa kelas X SMAN 1 Bungo.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | YESICA HOTMARIA SIANTURI |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 02:46 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 02:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |