PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP OLEH GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DARING SISWA SEKOLAH DASAR

Pratiwi, Nurul Qalbi Eka (2021) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP OLEH GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DARING SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_NURUL QALBI EKA PRATIWI_A1D117216..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar secara daring yang di alami siswa kelas V SD Negeri 160/IX Simpang Tuan menggunakan media sosial whatsApp dan cara guru mengatasi kesulitan belajar secara daring siswa kelas V SD Negeri 160/IX Simpang Tuan dengan mengunakan media sosial whatsApp. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 160/IX Simpang Tuan pada tanggal 18 Januari – 18 Februari 2021. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi secara daring di grup whatsApp kelas, data diperkuat melalui wawancara dengan wali kelas V serta wawancara dengan 4 siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar secara daring. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan belajar secara daring terkait fasilitas pendukung media sosial whatsApp yaitu tidak memiliki ponsel sendiri, jaringan internet yang tidak stabil, kuota internet yang tidak mencukupi. Kemudian terkait dengan penggunaan media sosial whatsApp yaitu siswa kesulitan untuk berdiskusi di grup whatsApp terkait pembelajaran, dan siswa kesulitan untuk berdiskusi menggunakan grup whatsApp. Cara guru mengatasi kesulitan belajar siswa menggunakan whatsApp untuk kesulitan siswa tidak memiliki ponsel sendiri guru memberi solusi supaya teman atau tetangganya yang sekelas memberikan informasi terkait pembelajaran, untuk kesulitan jaringan internet tidak stabil guru memeberi solusi untuk mencari tempat yang jaringannya bagus pada saat pembelajaran, untuk kesulitan siswa tidak memiliki kuota guru mendata nomor whatsApp agar bisa mendapatkan kuota gratis dari permendikbud. Kesulitan berdiskusi di grup dan kesulitan menggunakan fitur whatsApp guru selalu membimbing dan berperan mengatasi dengan berbagai cara menggunakan fitur-fitur whatsApp. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik mampu memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar selama belajar daring dengan menggunakan whatsApp, serta guru mampu membuat variasi pembelajaran terutama denggan menggunakan fitur-fitur yang ada di whatsApp, menguasai dalam menggunakan TIK dengan baik dalam proses pembelajaran dalam jaringan supaya siswa tidak bosan dan tetep bersemangat untuk belajar meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring dirumah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PRATIWI
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:09
Last Modified: 27 Apr 2021 02:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19684

Actions (login required)

View Item View Item