Defita Sari, Resti and Hariandi, Ahmad and Hayati, Suci (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DISEKOLAH DASAR NEGERI 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover 1.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Resti Defita. 2021, Persepsi Siswa Terhadap Inovasi Media Pembelajaran Dalam Jaringan di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Ahmad Hariandi,S.Pd.I., M.Ag. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Inovasi Media Pembelajaran, Pembelajaran Dalam Jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap inovasi media pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan persepsi siswa terhadap inovasi media pembelajaran dalam jaringan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Data pada penelitiam ini adalah persepsi siswa terhadap inovasi media pembelajaran secara daring di masa pandemi covid-19. Sumber data pada penelitian ini siswa kelas V. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang beragam terhadap inovasi media pembelajaran secara daring oleh guru. (1)siswa memiliki persepsi bahwa inovasi media pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru seperti cakram literasi dan kubus literasi mampu membuat siswa menjadi semangat belajar dan merasa senang.(2) siswa memiliki persepsi bahwa inovasi media pembelajaran yang dimodifikasi oleh guru berupa video pembelajaran yang dibuat dan diunggah melalui aplikasi tiktok membuat siswa merasa tertarik untuk memperhatikan materi pembelajaran. (3). Siswa memiliki persepsi bahwa inovasi media pembelaran yang dimodifikasi oleh guru berupa video pembelajaran yang diunggah pada laman youtube membuat siswa merasa bosan dikarenakan durasi video pembelajaran yang cukup panjang dan berisi terlalu banyak teks tulisan serta ceramah dari guru. Dari hasil penelitian ini disarankan guru hendaknya harus tetap belajar dan belajar lagi untuk melakukan terobosan inovasi media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RESTI DEFITA SARI |
Date Deposited: | 20 May 2021 06:47 |
Last Modified: | 20 May 2021 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |