Strategi Guru Dalam Memberikan Tugas Menggunakan Media Online Dalam Pembelajaran Daring Muatan Mata Pelajaran IPA

Anggraini, Mela (2021) Strategi Guru Dalam Memberikan Tugas Menggunakan Media Online Dalam Pembelajaran Daring Muatan Mata Pelajaran IPA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_MELA ANGGRAINI_A1D117202 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER_MELA ANGGRAINI_A1D117202.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_MELA ANGGRAINI_A1D117202.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_MELA ANGGRAINI_A1D11720.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I_MELA ANGGRAINI_A1D117202.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB V_MELA ANGGRAINI_A1D117202.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_MELA ANGGRAINI_A1D117202.pdf

Download (91kB)

Abstract

Anggraini, Mela 2021, “Strategi Guru Dalam Memberikan Tugas Menggunakan Media Online Dalam Pembelajaran Daring Muatan Mata Pelajaran IPA”. Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar, FKIP, Universitas jambi. Dosen pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I., (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Penugasan, Pembelajaran Daring, Media online Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam memberikan tugas menggunakan media online dalam pembelajaran daring muatan mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 114/X Pandan Jaya tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 114/X Pandan Jaya pada januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan subjek penelitian guru wali kelas IV C (sebagai data utama) dan pengamatan pada grup Whatsapp kelas IV C (sebagai data penunjang). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pemberian tugas menggunakan media online (Whatsapp). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Strategi yang digunakan guru dalam memberikan tugas di SD Negeri 114/X Pandan Jaya sudah terlaksana dengan baik dengan menggunakan media online Whatsapp. Sesuai dengan pelaksanaanya yaitu guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai rancangan pembelajaran yang telah disusun. Dalam rancangan pembelajaran terdapat (1) perencanan, kegiatannya berupa guru mempersiapkan RPP daring, mempersipkan media pembelajaran dan bahan ajar. (2) proses pembelajaran, kegiatannya menggunakan video pembelajaran sebagai materi pembelajaran dan penggunaan metode ceramah dan metode penugasan. (3) evaluasi/tugas, tugas yang diberikan dalam bentuk lembar kerja peserta didik (LKPD) disesuai dengan pengalaman peserta didik didalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis, maka disarankan agar guru lebih maksimalkan penggunaan strategi-strategi dalam memberikan tugas dalam pembelajaran daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MELA ANGGRAINI
Date Deposited: 21 May 2021 01:13
Last Modified: 21 May 2021 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item