Syafia Manila, Yeyen (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas 1C Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
Cover-dikonversi (1).pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN YEYEN-converted.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI 1-converted.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB I-converted.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi (1).pdf Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAK Syafia, Yeyen Manila. 2021. Pelaksanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas 1C Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Destrineli, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di kelas 1C Sekolah Dasar Swasta Adhyaksa 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Adhyaksa 1 Kota Jambi semester genap Tahun Ajaran 2021/2022 pada 18 Januari 2021 sampai 18 Februari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisi secara kualitatif menggunakan teknik analisis mosel Miles dan Hubeberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dan pembelajaran luring di Sekolah Dasar Swasta Adhyaksa 1 Kota Jambi tepatnya pada kelas 1C yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran mulai dari guru mempersiapkan RPP, mempersiapkan media pembelajaran dan mempersiapkan LKPD. (2) Pelaksanakan pembelajaran meliputi aplikasi yang digunakan guru berupa aplikasi WhatsApp, metode pembelajaran berupa metode ceramah, metode penugasan, metode eksperiment (Percobaan), metode latihan keterampilan, dan metode tanya jawab, peserta didik selalu siap mengikuti kegiatan pembelajaran daring dan pembelajaran luring, guru sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring dan pembelajaran luring, ketersediaan jaringan internet di sekolah tersebut dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran daring, guru terlihat terbiasa menggunakan media elektronik dalam pembelajaran, kemampuan peserta didik dalam menggunakan media seperti tidak semua peserta didik mampu menggunakan Handphone, ada beberapa saja yang bisa menggunakan Handphone, kharakteristik peserta didik ada bermacam-macam, pendekatan yang digunakan guru adalah pendekatan yang berpusat pada siswa, memberikan motivasi belajar serta dukungan dan memberikan reward. (3) Evaluasi guru memberikan penilaian dalam bentuk online, lisan dan tulisan yang disampaikan secara langsung kepada orang tua peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran daring dan pembelajaran luring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Yeyen Manila Syafia |
Date Deposited: | 31 May 2021 01:30 |
Last Modified: | 31 May 2021 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20004 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |