Ul'hak, Diya (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER DIYA.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI DIYA.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB I DIYA.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB V DIYA.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN DIYA.pdf Download (247kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar yang mempengaruhi minat belajar peserta didik pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 154/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan secara mendalam tentang aktivitas peserta didik, dan dibantu dengan infomasi yang didapatkan dari orang tua peserta didik serta guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik pada tahun ajaran 2020/2021 yaitu terdiri dari: 1) Faktor internal. Faktor dari dalam diri peserta didik yang mempengaruhi minat belajar nya sesuai dengan data yang di peroleh yaitu pada aspek psikologis yaitu minat yang tumbuh dari diri peserta didik sendiri dan dipengaruhi dengan adanya motivasi yang diberikan guru dan orang tua.; 2) Faktor eksternal. Faktor yang mempunyai peranan penting sebagai pendukung dari luar diri peserta didik meliputi teman sebaya dan keluarga pada aspek lingkungan sosial. Sedangkan pada aspek lingkungan non sosialnya yaitu berupa alat belajar yang digunakan selama proses pembelajaran jarak jauh yaitu handphone.; dan 3) Faktor pendekatan belajar. Pendekatan belajar atau strategi belajar yang mempengaruhi minat belajar peserta didik yaitu dengan belajar sendiri dan di dampingi orang tua, dengan belajar sendiri tersebut dapat memudahkan peserta didik dalam menguasai pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya untuk terus mengembangkan proses pembelajaran dan terus memotivasi peserta didik agar minat belajarnya terus meningkat. Disarankan juga kepada orang tua peserta didik untuk semaksimal mungkin mendampingi, menfasilitasi peserta didik selama pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran 2020/2021.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DIYA UL'HAK |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 01:30 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20272 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |