Dhitya, Angesti (2021) Pengembangan Video Animasi Kesetimbangan Kimia Dengan Adobe Flash CS6 Berbantuan Edpuzzle untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Draft Skripsi A1C117004_Angesti Dhitya.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
Abstract
ABSTRAK Dhitya, Angesti. 2021. Pengembangan Video Animasi Kesetimbangan Kimia Dengan Adobe Flash CS6 Berbantuan Edpuzzle untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc. (II) Dr. Drs. Harizon, M.Si. Kata Kunci: Video Animasi, Kesetimbangan Kimia, Literasi Sains. Video animasi merupakan media yang berupa gambar yang bergerak dan disertai dengan suara, dengan kata lain, media animasi termasuk jenis multimedia, yang didalamnya terdapat berbagai komponen penyusun (semisal gerak, video, sound, evaluasi dan sebagainya). Video animasi berfungsi sebagai bahan ajar guru dikelas dan sumber belajar mandiri siswa dirumah. Penelitian ini bertujuan untuk: memahami prosedur pengembangan, mengetahui kelayakan, mengetahui penilaian guru & respon siswa serta mengetahui potensi dampak yang dapat dideskripsikan oleh media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Pada penelitian pengembangan video animasi ini digunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk mendukung penelitian ini digunakan 3 teori belajar yaitu teori belajar behaviorisme, konstruktivisme dan kognitif. Dalam pembuatan media video animasi dibutuhkan 3 aplikasi yaitu Adobe Flash CS6, Adobe Photoshop CS5 dan Ed-Puzzle. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dilakukan uji praktisi dan dilakukan uji coba kelompok kecil dengan 10 orang siswa kelas XI SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Dari hasil penelitian menunjukan validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media menyatakan media yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Video animasi yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dari guru mata pelajaran kimia di SMA Islam Al-Falah Jambi dengan persentase penilaian 91,67%. Sedangkan dari hasil respon siswa menunjukan hasil yang sangat baik dengan persentase penilaian rata – rata 89,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video animasi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan kemampuan literasi sains layak digunakan sebagai bahan ajar oleh guru dan sumber belajar mandiri siswa dirumah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Angesti Dhitya |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 03:13 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |