Aprilia, Nadya (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Kelas II SDIT Asy-Syifa Kota Jambi Pada Masa Pandemi Covid-19. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (5kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (153kB) |
Abstract
ABSTRAK Pandemi covid-19 telah mengganggu pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatifnya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mandeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDIT Asy-Syifa Kota Jambi pada masa pandemi covid-19 yang saat ini dirasakan oleh guru dan peserta didik yang mana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di rumah atau sistem jarak jauh sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di SDIT Asy-Syifa Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDIT Asy-Syifa Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Miles & Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik sudah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring seperti Handphone/Android, (2) pembelajaran daring dikatakan cukup efektif karena dapat membelajarkan peserta didik dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu yang ditentukan dan dapat mendorong munculnya kemandirian belajar pada peserta didik , (3) pembelajaran daring mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya kerumunan peserta didik, sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran covid-19 dilingkungan SDIT Asy-Syifa Kota Jambi. Lemahnya pengawasan dari orang tua terhadap peserta didik, jaringan yang tidak stabil pada saat belajar menggunakan zoom, mahalnya biaya kuota, waktu/ kesibukan orang tua yang berbeda-beda sehingga menyebabkan guru kesulitan memberikan jadwal pelaksanaan pembelajaran, motivasi belajar peserta didik rendah. Penggunakan berbagai aplikasi seperti zoom, quizizz dan whatshapp sangat mendukung aktivitas pembelajaran daring. Dengan adanya aplikasi tersebut dapat membangkitkan minat serta motivasi belajar peserta didik yang sebelumnya peserta didik kurang termotivasi belajar hanya lewat whatshapp. Dengan adanya pembelajaran daring, membuat guru lebih kreatif dengan memanfaatkan fasilitas teknologi. Meningkatkan kemandirian, kemajuan dalam penggunaan tekhnologi dan minat belajar adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | APRILIA |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 07:55 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 07:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |