Saputri, Lolika (2021) Four-Tier Diagnostic Test Berbasis Website untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Topik Suhu dan Kalor. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (459kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan four-tier diagnostic berbasis website untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada topik suhu dan kalor serta menerapkan instrumen tersebut untuk mengetahui gambaran miskonsepsi siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Jambi. Dalam penelitian ini pengembangan produk dilakukan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Website yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli assessment menggunakan lembar validasi, kemudian website yang telah dinyatakan valid tersebut diujicobakan kepada pengguna untuk mengetahui respon pengguna terhadap penggunaan four-tier diagnostic test berbasis website dengan menggunakan angket respon. Hasil pengembangan menghasilkan website untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi suhu dan kalor diakses pada 4tempheat.lms-merdeka.com. Website yang dikembangkan berisikan instrumen miskonsepsi materi suhu dan kalor yang telah valid dan reliabel. Output data ditampilkan dalam tabel dan grafik berupa tabel dan grafik rata-rata persentase jawaban benar, rata-rata persentase miskonsepsi dan rata-rata persentase kategori pemahaman siswa. Hasil validasi ahli media dari dua validator diperoleh masing-masing skor sebesar 90% dan 91,17% dengan kategori sangat baik dan validasi ahli assessment diperoleh skor sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon pengguna (guru dan siswa) terhadap pengembangan four-tier diagnostic test berbasis website memperoleh skor 87,59% untuk siswa dan 92,68% untuk guru. Keduanya berada di kategori sangat baik. Instrumen yang telah valid diterapkan kepada siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Jambi dengan sampel sebanyak 102 siswa. Analisis data dilakukan dengan cara mencari skor dan persentase jawaban benar serta skor dan persentase jawaban miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 24,08% siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Jambi masih mengalami miskonsepsi pada topik suhu dan kalor.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lolika Saputri |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 01:47 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 01:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |