Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Laila Sari, Dina and Destrinelli, Destrinelli and Hayati, Suci (2021) Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER .pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
pengesahan dina.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dina Laila. 2021, “Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar” Skripsi. Program studi Pendidikan guru sekolah dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Peran Guru, Guru sebagai Fasilitator, Pembelajaran Daring Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 146/IV Kota Jambi kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif jenis Fenomenologi. Subjek penelitian adalah Guru kelas IV B. Data dalam penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.Untuk menguji keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan perannya sebagai fasilitator guru SDN 146/IV Kota Jambi kelas IV B yaitu dilihat dari guru memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaraan dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran, memberikan fasilitas yang dibutuhkan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dan menjalin komunikasi dengan siswa. Selanjutnya guru juga menyelesaikan permasalahan pembelajran. maka dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring, yang dilakukan guru yaitu memfasilitasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan menjalin komunikasi. Agar fasilitas yang dipersiapkan dapat digunakan secara maksimal dan dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Kemudian guru juga menyelesaikan permasalah pembelajaran dengan memberikan solusi-solusi terhadap permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini menyarankan agar guru terus berkreasi dan berinovasi dalam mempersiapkan dan menyediakan fasilitasi-fasilitas belajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring agar dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa mendapat memahami materi pembelajaran dengan mudah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DINA LAILA SARI
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:01
Last Modified: 25 Jun 2021 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item